Minggu, 13 Oktober 2019

KAWAH IJEN, BANYUWANGI


Assalamualaikum Wr. Wb.
Lama sekali saya tidak menulis blog, hehe. Karena ada kesibukan jadi jarang menulis. Baiklah, langsung saja kali ini saya akan membahas tentang Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi.
Mendengar tentang Kawah Ijen mungkin bagi pecinta gunung sudah tidak asing lagi, Kawah Ijen merupakan danau kawah yang bersifat asam yang berada di gunung berapi memiliki ketinggian 2.386 mdpl. Dan salah  satu yang tak kalah penting dari Kawah Ijen sendiri adalah fenomena “Blue Fire” atau api biru.
Saya menuju kesana dari Kota Blitar, waktu itu saya bersama doi hehe. Pertama saya memesan tiket kereta api untuk tujuan Banyuwangi, namun pemberangkatan dari Blitar tidak ada. Jadilah pemberangkatan kami lewat Malang – Banyuwangi. Kami berangkat pukul16.00 dari Kota Malang, dan tiba di Banyuwangi pukul 00.00. namun, kami tidak turun di stasiun Banyuwangi kota. Kami turun di stasiun Karang Asem. Lalu kami menyewa motor untuk digunakan saat kami berada disana. Untuk sewa motor sendiri, kami cukup merogoh kocek sekitar150.000 untuk 2 hari.
Saat kami sudah tiba di Banyuwangi, pukul 01.00 kami langsung berangkat menuju Kawah Ijen. Kami tiba di Kawah Ijen pukul 02.00, karena perjalanannya malam hari dan melewati alas jadi kami berhati – hati. Medan jalannya pun enak dilalui, malah sampai bisa buat balapan hehee. Sesampainya di parkiran bawah kami istirahat sebentar sambil ngopi menikmati dinginnya suasana pada dini hari itu. Setelah itu kami langsung bergegas untuk segera naik ke atas untuk mengejar blue fire. Kami berjalan kepuncak sekitar 2 jam dengan diterpa udara dingin sekali. Sampai – sampai seluruh badan kaku jika tidak kuat. Dan pada pukul 05.00 kami sampai di puncak, sedihnya kami tidak mendapatkan blue fire itu. Akhirnya kami hanya mendapatkan sunrise.
Udara tetap saja dingin, kami segera memutuskan untuk turun ke bawah dan mencari kopi. Setelah itu kami pulang tapi tidak melewati jalan saat kami berangkat. Malah muter lewat Bondowoso, sial sekali lewat Bondowoso menuju ke hotel  kami menghabiskan waktu 5 jam. Pas lagi capek – capeknya malah lewat jalan yang begitu jauh. Nah, saran buat yang mau pergi kesana pulangnya lewat jalan pas berangkat aja, lebih enak.
Tiba di hotel kami istirahat dan pagi nya pukul 05.00 kami pulang ke Blitar untuk melanjutkan aktifitas kami.
TIKET MASUK KAWAH IJEN, BANYUWANGI
            Untuk tiket masuk sendiri ada 2x, yang pertama di portal bawah, dan yang kedua di loket masuk Kawah Ijen. Kami berempat hanya habis 60.000 saja. Sangat murah kaann :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar